loading...
berbagi-itu-indah-dan-menyenangkan

04 Mei, 2012

Facebook vs Koobface

Facebook saat ini adalah sebuah jejaring social yang sangat terkenal dan banyak diminati orang sedunia. Karena banyak sekali ragam fitur nya, games dan lain2x. Tapi bukanlah hal yang baru dan sudah lumrah sebuah website mempunyai sebuah pertahanan yang cukup tangguh. Akan tetapi bukan berarti sekelas facebook tidak bisa di susupi, Karena kalo kita jeli sekarang ini banyak sekali para geek bertebaran di facebook, dan mereka mendirikan group dan bendera masing-masing.

Belum lama ini saya membaca sebuah artikel tentang virus yang menyerang facebook dengan special teknik social engeenering yang canggih akhirnya diantara para geek yang bertebaran di seantero facebook berhasil menciptakan sebuah variant worm yang namanya juga diambil dari nama si empunya hanya saja di baca terbalik yaitu koobface. Berikut Detail data koobface yang saya sadur[1]




Common name Koobface
Aliases

OSX/Koobface.A (Intego)
W32/Koobfa-Gen (Sophos)
W32.Koobface.A (Symantec)
W32/Koobface.worm (McAfee)
WORM_KOOBFACE.DC (Trend Micro)
Win32/Koobface (CA, Inc.)
Worm.KoobFace (Malwarebytes)
Net-Worm.Win32.Koobface.a (Kaspersky)
Worm/Win32.Koobface (AhnLab)

Classification Unknown
Type Computer worm
Subtype Malware
Point of Origin Russia



Sepak terjang dari koobface ini tidak bisa diremehkan, karena tidak hanya facebook saja target dari serangannya twitter, myspace, dan hampir beberapa social network lain. Beberapa ada yang menyebutnya virus ada juga yang menyebutnya worm.

Penyebarannya pun agak unik yaitu memanfaatkan link dari teman-teman kita, Saya tidak tahu pasti seberapa parahkan serangannya. yang jelas untuk di wilayah amerika sudah dibuat kebakaran jenggot karena serangan dari koobface.

Hingga sekarang masih belum jelas adakah AV yang mampu dan bisa menangkal serangan dari koobface. Dan apa sebenarnya misi dibalik serangan koobface????

You'll find with your self mind.
Ref : Wikipwdia & google

4 komentar :

  1. info bermanfaat mas ,
    wah kita harus sangat hati hati terhadap link link yang aneh di media sosial nih :)

    BalasHapus
  2. Betul bro @Death voice .... thanks buat komentarnya

    BalasHapus
  3. tapi bagaimana kita bisa mengetahui suatu link itu bahaya atau tidak ?
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  4. Kalo menurut saya bisa kita lihat dari apa yang disampaikan atau bisa juga kita gunakan cursor mouse kita dekatkan ke link tersebut biasanya dibagian bawah browser sudah menunjukkan kemana tujuan link tersebut. Itu Cara manual.

    Tapi kalo pake applikasi juga bisa coba install Malwarebytes yang Full version, biasanya kalo kita mengklik web atau link yang berbahaya otomatis dia blok.

    Mohon maaf kalo jawabannya kurang memuaskan. Thx sudah berkunjung.. :D

    (Pengalaman Pribadi)

    BalasHapus